Menu

PENDAMPINGAN PASCA REHABILITASI

Salah satu program kerja dari divisi Pasca Rehabilitasi BNN Provinsi Sulawesi Selatan adalah pendampingan kepada setiap mantan pecandu yang telah mengikuti kegiatan rehabilitasi yang diadakan oleh lembaga rehabilitasi pemerintah dan lembaga rehabilitasi komponen masyarakat. Pendampingan pasca rehabilitasi adalah salah satu tugas seksi pasca rehabilitasi bidang rehabilitasi. Seksi pasca rehabilitasi dipimpin oleh Bapak Sudarianto, SKM, M.Kes selaku Kepala Bidang Rehabilitasi dan Bapak Rudiastono, SKM selaku Kepala Seksi Pasca Rehabilitasi. Pendampingan merupakan program yang integral dalam rangkaian perawatan lanjutan ketergantungan narkoba (sustainable rehabilitation program).

Program pasca rehabilitasi merupakan program yang melibatkan interaksi dinamis antara klien dan petugas layanan pasca rehabilitasi untuk secara bersama-sama menghadapi beragam tantangan dalam manajemen pemulihan sehingga dapat hidup berkualitas & tercipta reintegrasi ke masyarakat. Pendampingan dapat dilakukan oleh perseorangan, kelompok atau lembaga yg memiliki kompetensi profesional di bidangnya dalam melakukan pendampingan bagi klien, antara lain : konselor adiksi, pekerja sosial, psikologi, pembina mental dll.

Pendampingan ini dilakukan sekali sebulan selama 6 bulan berturut-turut, ini bertujuan untuk melakukan observasi dan konseling pasca program kepada klien. Dengan pendampingan, kita akan mengetahui kegiatan yang dilakukan oleh klien setelah mengikuti kegiatan rehabilitasi serta hubungan klien dengan keluarga dan lingkungan sekitarnya. Pendampingan akan difokuskan pada hal-hal yang bisa klien lakukan agar lebih produktif dan membantu klien menghindari lingkungan negatif  yang mempengaruhinya mengonsumsi obat-obatan terlarang. Pendampingan pasca rehabilitasi juga dimaksudkan untuk membantu klien dan keluarganya agar tetap mempertahankan kepulihan klien.

Pendampingan berfungsi membantu klien mempertahankan pemulihan dan  mempersiapkan klien untuk kembali memiliki peran sosial dalam masyarakat. Dengan adanya peran sosial yang dimiliki oleh klien, mereka akan merasa bahwa masyarakat memiliki kepercayaan kembali terhadap mereka untuk berkontribusi secara positif.

Pada bulan Februari 2016, BNN Provinsi Sulawesi Selatan telah melakukan pendampingan kepada 28 orang klien yang telah mengikuti program rehabilitasi. Selama pendampingan, klien menerima konseling individu maupun konseling keluarga, serta membantu klien menemukan minat bakat mereka agar dapat lebih produktif di tengah masyarakat, dan bagi klien yang telah produktif tetap kami damping untuk mempertahankan kepulihan dan keproduktifan mereka.

back to top
Best gambling websites website

Trafik Statistik

Today535
Yesterday609
This week3072
This month20164
Total414281