Menu

BIMBINGAN TEKNIS BIDANG P4GN LINGKUNGAN KERJA / MASYARAKAT

Dalam rangka Program Pemberdayaan penggiat Anti Narkoba di Kawasan/Wilayah Lingkungan Kerja dan Masyarakat , Badan Narkotika Nasional Provinsi Sulawesi Selatan  Bidang Pencegahan dan Pemberdayaaan Masyarakat seksi Pemberdayaan Masyarakat  melaksanakan kegiatan dalam pengembangan kapasitas melalui Kegiatan Bimbingan Teknis Bidang P4GN Lingkungan Kerja / Masyarakat yang dilaksanakan hari Senin pada tanggal (26/09/2016) di Hotel Sutomo “ Makassar Room”   Jl. DR. Sutomo No. 35 – Makassar.  Turut hadir pada acara ini Kepala BNNP Sulsel,  Bapak  Drs. Agus Budiman Manalu, SH sekaligus membuka acara Bimbingan Teknis dan perkenalan dengan seluruh peserta yang terdiri dari Mahasiswa, Satgas Anti Narkoba LSM dan Masyarakat sebanyak 60 peserta.

Sebagai narasumber yang mengawali acara ini,  Bapak Drs. Agus Budiman Manalu, SH  menguraikan secara singkat  dengan memberikan gambaran tentang  permasalahan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba baik ditingkat global, regional dan nasional terjadi peningkatan yang signifikan dan oleh karena itu masalah narkoba sudah menjadi ancaman serius bagi semua negara di dunia. Tingginya jumlah pengguna narkoba di Indonesia mengalami peningkatan dari waktu ke waktu . Tahun 2015 diperkirakan angka prevalensi pengguna narkoba mencapai 4,2 juta orang (2,2%). Dan kerugian material diperkirakan sebesar Rp 72 triliun yang mencakup kerugian akibat belanja narkoba.Sementara untuk Sulawesi Selatan berdasarkan hasil survei Tahun 2014 sebanyak 125.643 Orang atau sekitar 2,08 % dan pada tahun 2015 meningkat menjadi 128.000 orang, belum lagi kerugian material diperkirakan sebesar lebih kurang Rp 63 triliun yang mencakup kerugian akibat belanja narkoba.

Saat ini penyalahgunaan Narkoba semakin meningkat tajam dari waktu ke waktu, berbagai motif dan modus juga mengalami perubahan, penggunaannya pun sudah menyasar berbagai kalangan dan latar belakang sosial masyarakat. yang terlibat dalam penggunaan zat terlarang ini, baik dari kalangan Selebriti, Tokoh Masyarakat, Wakil Rakyat, pelajar/mahasiswa dan termasuk dari aparat penegak hukum tidak terbebas dari perilaku buruk menjadi penyalahguna narkoba. Tantangan dan permasalahan yang kita dihadapi didalam mengatasi ancaman narkoba tersebut, menjadi sangat penting guna membangun komitmen bersama dalam upaya pecegahan penyalahgunaan narkobasebagaimana tercantum dalam pasal 104 dan 105 Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika

Badan Narkotika Nasional Provinsi Sulawesi Selatan menyelenggarakan kegiatan ini dengan maksud agar setiap masyarakat dapat berperan aktif  serta dapat memberikan kontribusi positif dalam upaya bersama mengatasi permasalahan penyalahgunaan narkoba, oleh karena itu , melalui bimbingan teknis ini, diharapkan kita dapat membuat satu rumusan sebagai acuan kita bersama di dalam melaksanakan upaya P4GN bersinergi antar lembaga pemerintah dan komponen masyarakat . Badan narkotika Nasional tidak bisa berbuat banyak tanpa adanya kerjasama dengan semua stakeholder terkait dalam penanganan masalah narkoba.

 

back to top
Best gambling websites website

Trafik Statistik

Today858
Yesterday1133
This week4253
This month15920
Total512805