Menu

PELATIHAN KONSELOR 1 DAN 2 PROVINSI SULAWESI SELATAN

Dalam rangka meningkatkan komptensi petugas rehabilitasi, Badan Narkotika Nasional Provinsi Sulawesi Selatan melalui Bidang rehabilitasi melaksanakan kegiatan Pelatihan Konselor 1& 2 Provinsi Sulawesi Selatan pada Selasa – Sabtu (08 s.d 12 November 2016) bertempat di Hotel Sutomo Makassar. Kegiatan ini bertujuan untuk mempersiapkan petugas pelaksana rehabilitasi rawat jalan dan rawat inap di Puskesmas, RSU/RSUD, dan klinik BNNP/BNNK guna meningkatkan pengetahuan dan kemampuan petugas tentang tata cara melayani klien sehingga dapat memberikan layanan rehabilitasi kepada pecandu dan korban penyalahgunaan narkotika secara maksimal dan sesuai standar yang telah ditentukan.

Kegiatan ini dibuka oleh kepala BNNP Sulawesi Selatan Drs. Agus B. Manalu, SH. sekaligus sebagai narasumber yang membawakan materi pertama. Adapun narasumber selanjutnya yaitu dari Deputi Rehabilitasi BNN RI, dr. Diah Setia Utami, Sp.Kj.MARS, Erry Wijoyo dan Achmad. Peserta yang hadir pada kegiatan ini sebanyak 30 orang terdiri dari 11 orang perwakilan RSU/RSUD, 4 orang dari Lapas dan 3 dari BNNK/Kota, 4 dari BNNK/Kota dan 2 orang dari Balai Rehabilitasi BNN Baddoka, 1 orang dari Poltekkes Kemenkes Makassar  dan 5 orang dari BNNP Sulsel .

Berdasarkan hasil peningkatan kemampuan motivational interviewing dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan rehabilitasi rawat jalan di RSUD, Puskesmas, BNNK, BNNP  berjalan lancar meskipun menemui beberapa kendala teknis. Dengan adanya pelatihan  ini, petugas pelaksana cukup memahami  tata laksana rawat jalan dan juga tata cara klaim biaya yang dikeluarkan oleh pihak instansi terkait.

Melaui kegiatan ini diharapkan para penyalah guna dan atau pecandu narkotika yang mungkin masih berada di tengah-tengah lingkungan masyarakat yang masih jauh dari akses layanan rehabilitasi, dapat segera ditangani, minimal tidak “naik kelas”. Tentunya, partisipasi dari seluruh komponen masyarakat tetap dibutuhkan, untuk mengajak para penyalah guna dan atau pecandu narkotika mendapat layanan terapi rehabilitasi serta mengawasi jalannya praktek rawat jalan agar tidak ada penyimpangan.

back to top
Best gambling websites website

Trafik Statistik

Today536
Yesterday609
This week3073
This month20165
Total414282