Menu

TERAMPIL MENOLAK TAWARAN NARKOBA

Pada masa remaja, ada dorongan kuat dalam diri remaja untuk bergaul dengan sebayanya. Bagi seorang remaja, penerimaan atau diakui oleh kelompok sebaya sangat penting. Oleh karena itu ia berusaha mengikuti berbagai hal yang didikte oleh teman untuk membuat teman-teman menyukainya. Keinginan untuk diakui oleh teman sebaya menyebabkan remaja menyerah pada tekanan. Banyak remaja mulai merokok, minum alkohol dan menyalahgunakan narkoba lainnya karena tekanan dari teman. Remaja melakukan hal-hal ini untuk membuat sebaya menyukainya. Ciri yang menonjol pada masa remaja adalah adanya kebutuhan dan keterikatan dengan kelompok sebaya, ingin diterima dan diakui oleh kelompok sebayanya. Melalui kehidupan kelompok, remaja dapat berperan, bereksperimen dan mengekspresikan dirinya. Ia ingin diterima dalam segala bentuk keberhasilan dan kegagalannya. Jika kelompok sebaya memiliki nilai-nilai positif, perkembangan remaja juga positif. Jika tidak, remaja akan terjerumus kepada berbagai perbuatan berbahaya. Oleh karena itu remaja harus memiliki kepribadian yang tangguh dan bertanggung jawab. Dari pernyataan tersebut timbul sebuah pertanyaan, Apakah memperoleh pengakuan dan penerimaan teman-teman lebih berharga daripada dirimu ? beragam model jawaban dapat kita jumpai dimana-mana, ada yang berpendapat pengakuan diperlukan oleh semua orang dengan cara meningkatkan kemampuan baik ilmu pengetahuan umum dan khusus. Sementara pendapat lain mengatakan bahwa remaja ingin disejajarkan dengan remaja yang lain dengan tidak memiliki pertimbangan apapun.

Perlu ingat sekaitan dengan kedua jawaban tersebut bahwa untuk menjadi teman yang baik, tidak berarti kamu harus mengikuti apa yang dilakukan oleh teman-temanmu. Teman sejati adalah teman yang menginginkan kamu menjadi dirimu sendiri. Untuk siap menolak penyalahgunaan narkoba, remaja perlu mengetahui situasi penawaran narkoba, semua orang pernah menerima tawaran salah satu jenis narkoba baik legal maupun tidak legal, Awalnya menolak, tetapi karena bujukan dan tekanan teman, akhirnya mau menerima dan mencoba. Penwaran dapat terjadi setiap saat dalam kehidupan sehari-hari : pulang sekolah, di jalan, ditempat pemberhentian bus, di rumah teman, di tempat pesta dan sebagainya. Orang yang menawarkan narkoba biasanya adalah teman atau orang yang dikenal, jarang orang yang tidak dikenal.

Beragam cara menawarkan narkoba dengan ramah, dengan bujukan, baik langsung maupun tidak langsung, dengan ancaman, setengah memaksa bahkan ancaman fisik. Untuk mengantisipasi hal tersebut dapat dilakukan beberapa cara antara lain :

1.    Remaja perlu memiliki keberanian untuk berdiri teguh dalam sikap dan keyakinannya, terutama jika menghadapi teman yang memintanya untuk menuruti apa yang dikehendakinya.

2.    Persiapan mental untuk menolak jika ditawarkan serta kuatkan tekad untuk menolaknya.

3.    Perlu menyadari bahwa teman sejati adalah mereka yang menginginkan setiap orang menjadi dirinya sendiri.

4.    Belajar untuk berkata “tidak”.

5.    Bergaulah dengan teman-teman yang tidak menyalahgunakan narkoba.

6.    Bantulah teman-temanmu untuk mengatakan “tidak” dan menolak penyalahgunaan narkoba.

7.    Hindari tempat-tempat rawan penyalahgunaan narkoba.

8.    Perkuat kelompok anti penyalahgunaan narkoba yaitu bergabung dengan kelompok yang bukan penyalahguna narkoba(Bambang Wahyudin)

back to top
Best gambling websites website

Trafik Statistik

Today535
Yesterday609
This week3072
This month20164
Total414281