Menu

SOSIALISASI PENYULUHAN PENCEGAHAN PEREDARAN / PENGGUNAAN MINUMAN KERAS DAN NARKOBA

Badan Narkotika Nasional Provinsi Sulawesi Selatan merupakan perpanjangan tangan Badan Narkotika Nasional  di Provinsi, Salah satu kegiatan P4GN antar sekolah di terapkan di daerah Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan yang bekerjasama dengan pihak –pihak terkait, yaitu dari BNNP Sulsel, Kejaksaaan, Dinas Kesehatan dan Kasat Narkoba Polres Pangkep.  Sosialisasi antar sekolah di Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan yang dilaksanakan selama 5 (lima) hari pada tanggal 05  s/d  11 Oktober 2016  dengan tujuan utama mensosialisasikan akan P4GN antar Sekolah setingkat SMP, SMA dan SMK se Kabupaten Pangkep.  Bertindak sebagai Narasumber dari BNNP Sulsel yang mewakili Kepala Badan adalah ibu Rosnifai, SKM., M.Kes  Penyuluh Ahli Muda Seksi Pencegahan Bidang P2M BNNP Sulsel.

Kerjasama BNNP Sulsel dengan Bagian Kemasyarakatan Sekretariat Daerah Kab. Pangkep ini dibuka oleh Bapak Bupati Pangkep  H. Syamsuddin Hamid, SE yang menyambut baik kegiatan ini, sedikit arahan dari beliau yang menekankan bahwa dengan adanya sosialisasi  antar sekolah, diharapkan anak bangsa sebagai generasi muda dan generasi penerus lebih mengetahui akan bahaya dan dampak yang ditimbulkan jika mengkonsumsi Narkoba dan Minuman Keras. Bertindak sebagai Moderator Kepala Bagian Kemasyarakatan Sekretariat Daerah Pangkep , Bapak        Drs. Jufri Baso.

Sebagai panelis kedua, ibu Rosnifai, SKM.,M.Kes, memaparkan tentang Narkoba dan Permasalahannya. Lebih lanjut dikatakan  Narkoba adalah Narkotika, prikotropika dan zat adiktif lainnya. Berdasarkan Undang-undang Nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika , yang terdiri dari 3 (tiga) golongan besar ;

1. GOLONGAN DEPRESAN

     Fungsinya akan mengurangi aktifitas fungsional tubuh yang membuat pemakainya merasa tenang, pendiam bahkan tertidur dan tidak sadarkan diri.

     Golongan ini termasuk ;

 

   Opoidia (morfin,heroin,kodein)

   Sedatif (penenang)

   Hinotik (obat tidur)

   Tranquilizer (anti cemas)

   Alkohol dalam dosis rendah

 

2. GOLONGAN STIMULAN

     Fungsinya  merangsang fungsi tubuh dan dapat meningkatkan kegairahan kerja yang membuat pemakainya menjadi aktif, segar dan bersemangat .

     Golongan ini termasuk ;

   Kokain

   Amfetamin (shabu,ekstasi)

   Kafein

 

3. GOLONGAN HALUSINOGEN

     Fungsinya  menimbulkan efek halusinasi yang bersifat merubah perasaan dan pikiran serta sering kali menciptakan daya pandang yang berbeda sehingga seluruh perasaan dapat terganggu.

     Golongan ini termasuk ;

   Kanabis (ganja)

   (LCD)

   Mescalin

   Fenslikidin

   Berbagai jenis jamur

   Tanaman kecubung, dll

 

Dengan mengetahui jenis , golongan dan akibat dari pengguna Narkoba pada anak-anak setingkat SMP dan  SLTA, diharapkan untuk tidak sampai mencoba-coba apalagi menggunakannya, anak –anak  menyambut antusias dengan melihat video yang diputar yang menampilkan akibat dari penyalahgunaan narkoba terhadap kesehatan pada diri kita. Dengan adanya kegiatan ini pula tidak menutup kemungkinan  adanya kegiatan kerjasama dengan pihak terkait lainnya di Kabupaten / Kota wilayah Sulawesi Selatan untuk bersama-sama memberantas narkoba di Indonesia khususnya di Sekolah-sekolah dan Universitas.

back to top
Best gambling websites website

Trafik Statistik

Today535
Yesterday609
This week3072
This month20164
Total414281